SILABUS
Mata Kuliah :
Pengembangan Sumber Belajar
Kode Mata Kuliah : MTP-
Program Studi : Magister (S2) Teknologi Pendidikan
Bobot/smt : 3 sks (3-0)
A.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah
Pembelajaran dikembangkan Berbasis ICT (information comunication technology)
membahas tentang pemanfaatan ICT dalam metode pembelajaran sehingga pembelajaran meliputi; Pengertian Sumber Belajar, Pendekatan
penerapan ICT dalam pembelajaran, desain pembelajaran dengan menggunakan Media, dan
pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
B.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah
menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu mendesain pembelajaran berbasis
ICT, dan melaksanakan pembelajaran berbasis ICT di sekolah.
C. GARIS BESAR PROGRAM
PERKULIAHAN
Tatap
Muka
|
Tujuan Pembelajaran
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
1
|
Mampu menjelaskan pengertian ,
konsep dan karakteristik sumber Belajar
|
Pengertian, konsep dan dan karakteristik dan lingkup Sumber Belajar
|
a.
Pengetrian Sumber Belajar
b.
Konsep dan
karakteristik Sumber Belajar
c.
Lingkup Sumber Belajar
|
2
|
Mampu menjelaskan beberapa
pendekatan penerapan ICT dalam pembelajaran di sekolah
|
Pendekatan penerapan ICT melalui pembuatan Blog di sekolah
Kelompok 1
|
a. Aplikasi Pembuatan
Blog dalam Pembelajaran
b. Pemanfaatan Blog
dalam Pembelajaran
c.
Mendesain Paparan pembelajaran dengan Blog
|
3
|
Mampu menjelaskan secara
luas tentang peran dan fungsi Sumber Belajar
|
Peran dan fungsi Sumber
Belajar
Kelompok 2
|
a.
Peran sumber belajar dalam pembelajaran
b.
Jenis-jenis Sumber Belajar
c.
Fungsi Sumber Belajar
d.
Pemanfaatan Sumber Belajar
|
4
|
Mampu menganalisis kebutuhan belajar
dan pembelajaran
|
Pemilihan, Jenis dan
klasifikasi Media Pembelajaran
Kelompok 3
|
a.
menganalisis kondisi Real kebutuhan
1)
Pelajar
2)
Lingkungan/tujuan
3)
Kurikulum
4)
Tugas/guru
b.
Mengklasifikasikan jenis media Belajar yang sesuai dengan segala
tingkatan
|
5
|
Mampu menganalisa Sumber Belajar
sebagai Media Instruksional Edukatif
|
Sumber Belajar dalam Konteks
Media Instruksional Edukatif
Kelompok 4
|
a.
Menganalisa kebutuhan media instruksional
b.
Peranan media instruksional dalam mencapai tujuan pembelajaran
|
6
|
Mampu menganalisa dan Mengembangkan
Media Pembelajaran
|
Pengembangan Media Pembelajaran
Kelompok 5
|
a.
implementasi media
pembelajaran dan melakukan penilaian
pembelajaran
b.
penyempurnaan/perbaikan media pembelajaran
|
7
|
Mampu merencanakam Pembelajaran
Menggunakan Media
|
Perencanaan Pembelajaran
Menggunakan Media
Kelompok 6
|
a.
Perencanaa pembelajaran
b.
mendesain pembelajaran (instructional
designe) dengan melibatkan media
c.
perencanaan e valuasi
|
8
|
Mampu desain pembelajaran dengan metode diskusi berbasis ICT
|
Pengembangan Media dalam
Diskusi pada pembelajaran
Kelompok 7
|
Membuat scenario pembelajaran dengan
media dalam metode belajar diskusi
|
9
|
Praktek pembelajaran berbasis multimedia pada
peserta didik di sekolah
Kelompok 8
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar